Transaksi di pasar modal lewat dua proses, yaitu pertama lewat pasar primer (primary market) dan kemudian dilanjutkan di pasar sekunder (secondary market). Pasar primer (primary market) adalah pasar tempat emiten pertama kali menawarkan sahamnya atau menambah jumlah saham yang telah beredar ke publik. Emiten adalah perusahaan yang melakukan emisi saham atau penjualan saham.
Proses di pasar primer disebut dengan penawaran publik (public offering). Jika emiten menjual sahamnya pertama kali di pasar sekunder maka disebut dengan penawaran perdana publik (initial public offering) atau dikenal dengan singkatannya IPO. Jika emiten sudah menjual sahamnya di pasar modal, emiten ini disebut dengan perusahaan publik (public company) atau perusahaan terbuka. Di Indonesia nama perusahaan ini ditambah dengan kata Tbk (artinya terbuka).
Perusahaan yang going public mempunyai beberapa keuntungan. Keuntungan yang diperoleh diantaranya adalah berupa kemudahan meningkatkan modal di masa mendatang, meningkatkan likuiditas (mudah dan cepat menjual) pemegang saham, dan nilai perusahaan dapat diketahui dan dikontrol oleh publik.
Penambahan saham yang sudah beredar yang dilakukan oleh perusahaan publik dengan menjual tambahan sahamnya juga dilakukan di pasar primer. Proses penjualan untuk menambah saham yang sudah beredar disebut dengan seasoned equity offering (SEO).
Sumber : BMP